Toyota
Sales Operation Auto2000 menyikapinya dengan optimistis pasar otomotif
di tahun 2017.Pasalnya, pada Januari tersebut dealer jaringan terbesar
Toyota di Indonesia tersebut membukukan kenaikan penjulannya hingga 19
persen menjadi 14.840 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu
(Januari 2016) yang hanya sebesar 12.426 unit. Meski tahun 2017 masih
menjadi tahun yang penuh tanda tanya—karena prediksi pasar mobil roda
empat yang sedikit membaik dibanding tahun lalu, peningkatan tersebut
menjadi pemicu untuk bekerja lebih keras lagi.
Menurut
Chief Executive Auto2000, Agus Prayitno dalam keterangan resminya
(24/2), tahun 2017 yang juga merupakan tahun ayam api ini akan menjadi
tahun yang penuh dengan tantangan terutama untuk otomotif roda empat.
Namun, dengan kenaikan penjualan yang dialami Auto2000 selama bulan
Januari, pihaknya optimistis bahwa tahun ini akan menjadi tahun yang
baik untuk Auto2000. Hal ini sejalan prediksi Gabungan Industri
Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang optimistis dengan target
1,1 juta dari semua merek atau naik sekitar 5% selama tahun 2017.
Toyota
Calya, LCGC pendatang baru dari produk Toyota memberikan sumbangan 19%.
atau lebih dari 2.800 unit terjual. Sumbangan penjualan terbesar, masih
dari Toyota Avanza dengan kontribusi 29 persen atau terjual 4.300 unit.
Menyusul kemudian Toyota Innova (15 %) , Fortuner (11%) dan Agya (7%)
dari total penjualan Auto2000.
Penjualan
Auto2000 masih didominasi wilayah Jakarta dengan kontribusi 42,1
persen. Kemudian Jawa, Timur sebesar 17,9 persen, Sumatra 16,9 persen,
Jawa Barat 16,2 persen dan Kalimantan plus Bali 6,9 persen. Wilayah
Jabar mengalami lonjakan penjualan sebesar 40,3 persen dibandingkan
dengan tahun lalu diperiode yang sama. Sedangkan untuk penjulan di
Jakarta angkanya naik 10,4 persen.
Untuk
merangsang pembeli, Auto2000 meluncurkan program jalan-jalan ke Jepang,
bertajuk “Sienta Goes To Japan”, khusus bagi pembeli Sienta dan
berlangsung selama 5 bulan dari Februari sampai Juni 2017. Setiap
pembeli mobil Toyota Sienta akan memperoleh kupon undian dan pemenangnya
akan diundi. Selain itu, untuk mendukung program ini Auto2000 secara
serentak menggelar berbagai promo di 101 cabang showroom event Auto2000
se Indonesia yang akan berlangsung pada Februari dan Maret2017. “Kami
optimis tahun 2017 akan menjadi tahun yang baik bagi perusahaan kami,
meningkatnya penjualan pada bulan Januari ini menjadi awal yang
menyegarkan. Namun peningkatan ini justru jadi pemicu bagi kami untuk
bekerja lebih keras untuk mempertahankan hasil yang sudah kami capai,”
ujar Agus.
by Rian Sudiarto
by Rian Sudiarto
Sumber : http://swa.co.id/swa/trends/auto2000-optimistis-terhadap-pasar-otomotif-di-2017